PEMUSNAHAN REAGEN YANG TIDAK TERPAKAI

PEMUSNAHAN REAGEN YANG TIDAK TERPAKAI

Laboratorium yang baik adalah laboratorium yang tidak hanya memperhatikan masalah ketelitian analisa saja. Akan tetapi laboratorium yang baik juga harus memperhatikan masalah pembuangan limbah. Limbah yang dibuang sembarangan, jika masuk ke badan air tanah dan mengalir ke pemukiman penduduk akan menimbulkan bahaya. Terutama logam-logam berat. Jika tidak ditangani dengan baik dapat membahayakan makhluk hidup dan merusak lingkungan.
secara umum dlm pembuangan atau pemusnahan limbah terdapat beberapa metoda. adapun metoda yng digunakan terbagi 4 cara yaitu sebgi berikut :
  1. pembuangan langsung dri laboratorium,diterapkan pada bahan kimia yang dapat larut kedalam air, jika mengandung asam atau basa maka harus dinetralkan dengan air, jika mengandung logam - logam berat beracun endapannya harus dipisahkan terlebih dahulu kemudian cairan nya dinetralkan dan dibuang
  2. dengan pembakaran terbuka, diterapkan untuk bahan - bahan organik yang kadar racunnya rendah dan tidka terlalu berbahaya dibakar tempat yang aman dan jauh dari pemukiman penduduk.
  3. pembakaran dalam insenerator, diterapkan pada bahan - bahan toksik yang jika dibakar pada tempat terbuka akan menghasilkan senyawa - senyawa bersifat toksik

 4. dikubur dalam tanah dengan perlindungan tertentu agar tidak merembes kebadan air. diterapkan pada zat - zat padat yang reaktif dan beracun.

Dari keempat metoda yang dijelaskan diatas terdapat beberapa jenis tumpahan bahan kimian sisa yang perlu mendapat perlakuan khusus sebelum dibuang keperairan, bahkan diantaranya perlu dimusnahkan sebelum dibuang. bahan - bahana kimia tersebut antara lain adalah tumpahan asam - asam organik, basa alkali dan amonia, bahan - bahan kimia oksidator, bahan - bahan kimia reduktor, sianida dan nitril.
dibawah ini bahan yang perlu mendapatkan perlakuan khusus sebelum dimusnahkan atau dibuang keperairan.

CONTOH PEMUSNAHAN TERMOMETER MERKURI

Hal yang tidak boleh dilakukan 

  1. Jangan  gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan termometer merkuri.
  2. Jangan menggunakan Sapu untuk membersihkan merkuri
  3. Jangan mengelap merkuri di lantai.
  4. Jangan menyentuhnya dengan tangan.
  5. Jangan libatkan anak kecil dalam proses pembersihan

Langkah pembuangan secara ringkas sebagai berikut

 1. Gunakan kaus tangan latex. Ambil puing-puing  kaca termometer yang pecah, taruh pada botol untuk mengumpulkan.

 
2. kumpulkan butiran-butiran merkuri dengan menggunakan pipet kemudian masukkan kedalam botol yang sama dengan serpihan kaca
3. kumpulkan serpihan kecil kaca dan butiran-butiran halus merkuri dengan menggunakan selotip agar menempel atau juga dapat dengan menggukan tisu
4. masukkan limbah baik kaca, merkuri dan sarung tangan kedalam kantung plastik, ikat dan amankan limbah serat berikan label.
5. hubungi bagian kebersihan untuk memeriksa apakah tersisa puing-puing yang lebih kecil tak kasat mata dengan alat khusus dan untuk memngambil limbah termometer. 



    • Halida Asam organik
    contoh bahan : asetil bromida, asetil klorida, dan benzoil klorida
    pembuangan/pemusnahan bahan: campurkan dengan NaHCO3 dalam wadah gelas atau plastik dan tambahkan air dalam jumlah yang banyak sambil diaduk, buang kedalam bak air diikuti dengan banyak air.

    misalkan pada praktikum pembuatan termometer sederhana
      Alat dan Bahan
    Air atau alkohol
    Pewarna
    Botol
    Sedotan bening
    Malam/plastisin/tanah liat

    Gambar alat dan bahan :









    pemusnahan bahan dilakukan 
    1. Pada alkohol dilakukan pembuangan langsung kedalam bak pembuangan dengan di aliri air.dengan cara memisahkan memasukkan alkohol kedalam gelas kimia kemudian dibuang kedalam bak pembuangan yang diikuti aliran air. 
    2. Pada pewarna bisa dibuang langsung pada bak pembuangan  
    3. plastisin bisa dilakukan  penguburan dalam tanah dan pembuangan pada tempat sampah anorganik yang disediakan di tempat praktikum.  .

    dari artikel diatas maka penulis mengajukan beberapa pertanyaan
    1. Bagaimana melakukan pemusnahan pafs reagen expired.
    2. Menurut saudara/i siapakah yang bertugas melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah ?
    3. Apakah pemusnahan reagen pada laboratorium ipa perlu melakukan pengarsipan administrasi? Dan apa fungsinya

    Komentar

    1. Menanggapi pertanyaan nomor 3 tentang pemusnahan reagen lab ipa diperlukan arsip administrasi, krn setiap pemusnahan inventaris harus dilengkapi dengan berita acara pemusnahan, dimana pada saat pemusnahan terdapat saksi2 dan diketahui oleh kepala instansi, serta jelas daftar alat dan bahan yg dimusnahkan, terimakasih

      BalasHapus
    2. Menyikapi pertanyaan no 1.?
      cara nya alat dan bahan yang sudah dipakai tidak dimusnahkan tetapi hanya cukup dicuci dengan air bersih dan dapat dipergunakan untuk pratikum selanjutnya kembali.

      BalasHapus
    3. Terimakasih ulasannya, menanggapi pertanyaan terakhir Apakah pemusnahan reagen pada laboratorium ipa perlu melakukan pengarsipan administrasi? Dan apa fungsinya
      Tentu perlu. Bahkan saat pemusnahan harus ada berita acara yg ditanda tangani oleh org2 bersangkutan seperti kepala lab, dll. Fungsinya, pertama kita tau d lab harus ad sop,trmasuk pemusnahan yg berfungsi utk melengkapi data2 yg diperlukan lab. Apakah bahan atau alat A masih ada, atau sudah habis. Dan msh bnyak fungsi administrasi lainnya.

      BalasHapus
    4. Menanggapi pertanyaan ke dua yaitu Menurut saudara/i siapakah yang bertugas melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah ? menurut saya Laboran/teknisi dan guru IPA bertanggungjawab untuk melakukan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah .

      Salam
      Agung Laksono

      BalasHapus
    5. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 3 yaitu Apakah pemusnahan reagen pada laboratorium ipa perlu melakukan pengarsipan administrasi? Dan apa fungsinya Semua alat dan bahan yang ada dilaboratorium khususnya untuk alat dan bahan yang berasal dari bantuan pemerintah maka wajib diinventariskan termasuk pemusnahan reagen yang tidak terpakai fungsinya adalah sehingga jika ada pengecekan bantuan tersebut ada data yang tersedia jika reagen tersebut telah dimusnahkan

      BalasHapus
    6. Assalamualaikum, saya akan mencoba menjawab pertanyaan nomr 1 dan 2.
      1. Pemusnahan dengan cara merubah sifat reagen dengan zat tertentu atau cara tertentu agar menjadi tidak terlalu berbahaya. Seperti yang tertulis di ulasan anda, Misalnya dengan melakukan pengenceran.
      2. Menurut saya, sebaiknya dilakukan oleh orang yang mengetahui sifat reagen, selain itu, siswa juga boleh melakukan pemusnahan selama di awasi dengan benar dan bertujuan untuk pembelajaran dalam pemusnahan bahan.

      BalasHapus
    7. Assalamualaikum saya mencoba menjawab pertanyaan nomir 3. Dalam pemusnahan reagen butuh pengarsipan dan adminstrasi karena yang menyatakan bahwa barang-barang tersebut dimusnahkan atau disingkirkan dari laboraturium, maka pada pelaksanaanya memerlukan pembuatan catatan berita acara yang sekurang-kurangnya memuat :
      keterangan tempat, hari, tanggal, bulan, dan tahun dilakukannya pemusnahan;
      keterangan tentang pelaksanaan pemusanahan; dan
      tanda tangan dan nama jelas pejabat yang melaksanakan pemusnahan;
      tanda tangan dan nama jelas saksi-saksi.

      dengan adanya administrasi dan pengarsipan itu jelas secara tertulis. Dan ada bukti fisiknya. Terima kaaih

      BalasHapus
    8. Menanggapi pertanyaan nomor 2. Menurut saudara/i siapakah yang bertugas melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah ?
      Siapapun yang ditunjuk oleh kepala labor, atau kepala labor itu sendiri. Dalam setiap melakukan pemusnahan reagen perlu dokumentasi, minimal berita acara yang menunjukkan informasi tentang hal tersebut. Terima kasih,.

      BalasHapus
    9. Assalmualaikum
      Menurut pertanyaan nomor 2. Yang bertugas memusnahkan reagen yang tidak terpakai adalah guru IPA dan laboran yang bekerja di laboratorium itu sendiri. Atau bisa dilihat di SOP yang telah dibuat oleh kepala labor.

      BalasHapus
    10. Menanggapi pertanyaan no 2.
      Menurut saya pihak yang bertanggung jawab dalam proses pemusnahan reagen yang tidak terpakai adalah Pertugas/personil yang telah ditunjuk dan diberi tugas oleh kepala sekolah atau kepala laboratorium, petugas tersebut sudah memiliki keahlian, penggalaman dan terlatih dalam melakukan tugas tersebut biasanya laboran/teknisi. Guru pun juga bisa melakukan pemusnahan reagen tersebut asalkan memilki izin, keahlian dan berpengalaman dalam memusnakan alat laboratorium.

      BalasHapus
    11. Menanggapi pertanyaan no 1, mnrt saya cara melakukan pemusnahan pafs reagen expired adalah dgn membuang bhan tersbut di tmpt yg aman dan mncatat apa saja yg d musnahkan dan selanjutnya wadah yg digunakan bisa d bersihkan dan jika d mungkinkan d pakai untk bahan yg selanjutnya. Sekian...

      BalasHapus
    12. Assalamualaikum
      Menurut saudara/i siapakah yang bertugas melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah ?
      Yang melakukan pemusnahan reagen adalah guru ipa,laboran dan teknisi. Semua yg ikut serta dalam pengelolaan labor dan yang memiliki keahlian guna menghindari kecelakaan dan bahaya.

      BalasHapus
    13. Apakah pemusnahan reagen pada laboratorium ipa perlu melakukan pengarsipan administrasi? Dan apa fungsinya

      sangat perlu, supaya mempermudah penyedia bahan menyiapkan kembali reagen baru untuk pelaksanaan praktukum di labor

      BalasHapus
    14. Menurut saudara/i siapakah yang bertugas melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah
      Yg bertugas dalam pemusnahan reagen sisa praktikum adalah pihak laboran karena hal ini berkaitan dengan SOP laboratorium, sedangkan yg paling bertanggung dilaboratorium adalah laboran itu sendiri.

      BalasHapus
    15. Menanggapi pertanyaan no 2. siapakah yang bertugas melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah ?
      Menurut saya pihak yang bertanggung jawab melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai adalah Pertugas/personil yang telah ditunjuk dan diberi tugas oleh kepala sekolah atau kepala laboratorium, dimana petugas tersebut sudah memiliki keahlian, penggalaman dan terlatih dalam melakukan tugas tersebut. Biasanya adalah laboran/teknisi di laboratorium . Guru pun juga bisa melakukan pemusnahan alat & reagen tersebut asalkan memilki izin, keahlian dan berpengalaman dalam memusnakan alat laboratoirum

      BalasHapus
    16. pertanyaan no 2, menurut saya sebaiknya orang yang mengetahui metode pembuangan limbah dan bagaimana mengelola masing-masing limbah tersebut. ada pengelola lab, laboran, dan guru bidang studi.

      BalasHapus
    17. Menurut saudara/i siapakah yang bertugas melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah ?
      menurut saya yg bertugas memusnahkan reagen tdak terpakai iya lah petugas lab, baik kepala lab maupun laboran. mengikuti SOP yang berlaku. jka berbahaya atau sangat berbahaya biasanya memanggil petugas ahli dibidang tersebut.

      BalasHapus
    18. Menanggapi pertanyaan no. 2 menurut saya yang bertanggung jawab dalam pemusnahan reagen adalah kepala lab, laboran dan teknisi dengan persetujuan kepala sekolah.

      BalasHapus
    19. menurut pendapat saya yang bertugas melakukan pemusnahan reagen yang tidak terpakai pada laboratorium sekolah adalah laboran dan kepala laboratorium

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    KETERAMPILAN DASAR LABORATORIUM